Cara Mengedit File APK System (Metode RootX/Push)


Dengan cara ini kita dapat mengedit file apk system, namun hanya bisa mengedit/merubah icon-icon saja yang terdapat di dalam file apk yang ingin diedit. Cara ini sering disebut dengan cara rootx atau push app :). Sementara untuk dapat mengedit file apk secara keseluruhan kita harus menggunakan metode compile dan decompile apk, tutorialnya akan saya jelaskan pada postingan berikutnya. Pada tutorial kali ini, saya akan mencontohkan bagaimana mengubah icon aplikasi SMS, oke langsung saja.

Persyaratan
- HH harus dalam keadaan root.
- Sudah terinstall Root Explorer.
- DWYOR (Do With Your Own Risk)
- Siap secara lahir batin :D

Langkah 1
Sediakan file gambar dengan format PNG transparan ukuran 72x72 px. Seperti gambar di bawah ini:


Beri nama gambar tersebut dengan "ic_launcher_smsmms.png" tanpa tanda kutip. Kemudian simpan di sdcard (simpan saja di luar, jangan ditaruh di dalam folder lagi).

Langkah 2
Buka aplikasi Root Exporer, langsung menuju folder system/app cari file Mms.apk. Copy file Mms.apk dari folder system/app lalu paste ke folder sdcard. Hal ini berfungsi juga sebagai file backupan Mms.apk nya.


Langkah 3
Dalam folder sdcard, sentuh agak lama file Mms.apk pilih Extract All, tunggu sebentar, setelah proses extract selesai pilih Stay saja dulu.


Langkah 4
Masih dalam folder sdcard, cari gambar "ic_launcher_smsmms.png" yang telah disimpan ke sdcard pada Langkah 1 tadi. Copy gambar tersebut kemudian paste ke folder sdcard/SpeedSoftware/Extracted/Mms/res/mipmap-hdpi serta folder sdcard/SpeedSoftware/Extracted/Mms/res/drawable-hdpi. Jadi kita copas gambar "ic_launcher_smsmms.png" ke dalam dua folder yang berbeda yaitu mipmap-hdpi dan drawable-hdpi, ingat yah :). Jika ada peringatan Warning, pilih Yes.


Langkah 5
Langsung menuju folder sdcard/SpeedSoftware/Extracted/ pastikan ada folder Mms, sentuh agak lama folder Mms tersebut kemudian pilih Zip this folder, tunggu sebentar proses zipnya, setelah selesai pilih Go to zip, maka kamu akan langsung menemukan file Mms.zip. Rename file Mms.zip menjadi Mms.apk. Selamat kamu telah berhasil mengubah icon Mms.apk nya :)


Langkah 6
Sekarang tinggal push aplikasinya ke system. Copy file Mms.apk yang tadi sudah diedit kemudian paste ke folder system/app. Pastikan Root Explorer dalam mode r/w (lihat gambar). Tinggal pilih paste saja, Jika ada peringatan, pilih Yes.


Langkah 7
Masih dalam folder system/app, cari file Mms.apk (kamu akan melihat icon Mms.apk nya sudah berubah), sentuh agak lama file Mms.apk nya kemudian pilih Permissions, atur permissions nya seperti gambar, OK.


Langkah 8
Keluar dari aplikasi Root Explorer, kemudian restart HH kamu. Selamat icon aplikasi SMS sudah berubah :belo


***

Kamu bisa merubah berbagai macam icon sepuasnya, silakan dicoba sendiri, kalau tidak dicoba kan kita tidak akan pernah tahu, hehe :D. Tutorial berikutnya saya akan tulis cara compile/decompile file apk menggunakan apktool, sampai jumpa nanti. Semoga tutorial ini bermanfaat, admin pamit, terima kasih :)

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter