Serba-sebi BBM For Everyone

Serba-sebi BBM For Everyone - Keinginan untuk merasakan layanan instant messaging BlackBerry Messenger (BBM) di handset selain BlackBerry akan segera terwujud. Sebab BBM lintas platform ini akan dilepas dalam waktu tak lama lagi.

'BBM for Everyone' -- demikian tagline layanan pesan instan BlackBerry tersebut. Dengan kehadirannya di Android dan iOS, BBM tentu akan menjadi alternatif di tengah maraknya persaingan aplikasi sejenis di ranah mobile.

Menarik disimak karena meski dari segi handset BlackBerry agak keteteran, namun peminat BBM diyakini masih sangat banyak. Termasuk bagi mereka yang kini sebagai pemilik Android ataupun iPhone.

Nah, sebelum benar-benar mengunduh BBM ini di perangkat Anda, simak dulu serba-serbi mengenai BlackBerry Messenger untuk lintas platform tersebut.

 Serba-sebi BBM For Everyone

1. Kejutan dari Orlando

Di tengah-tengah acara BlackBerry Live 2013 yang berlangsung di Orlando, Amerika Serikat, sekitar pertengahan Mei silam, CEO BlackBerry Thorstein Heins mengumumkan sebuah kejutan.

Ya, Heins mengungkapkan bahwa BBM -- yang selama ini eksklusif di OS BlackBerry -- akan segera terbuka dan hadir di sistem operasi lain.

"Mulai musim panas nanti, BBM akan segera hadir di lintas platform," kata Heins, di acara BlackBerry Live.

"Ini adalah bukti komitmen kami dalam mengembangkan pengalaman BBM di platform lain secara utuh. Nantinya pengguna dapat berbagi pesan dan membuat grup," tambahnya, saat itu.

2. Spesifikasi BBM

Pasca pengumuman tersebut, kasak-kusuk langsung menyeruak mengenai kapan kehadiran layanan ini akan segera diumumkan.

Tapi, terlepas dari itu semua tentu saja perangkat mana saja nantinya yang akan mampu disokong oleh BBM, karena pada kenyataannya tidak semua handset bisa menginstalnya.

Menurut Heins, BBM untuk semua platform ini akan hadir di OS Android dan iOS dengan spesifikasi iOS versi 6 ke atas dan Android Ice Cream Sandwich ke atas.

Kendati demikian, belum ada kabar apakah BBM akan turut hadir di sistem operasi besutan Microsoft, yakni Windows Phone.

Tapi satu hal pasti, BBM untuk iOS belum atau mungkin tidak akan hadir untuk tablet iPad.

3. Bocoran BBM

Belum adanya kepastian tanggal peluncuran BBM saat itu, membuat rasa penasaran orang akan seperti apa nantinya layanan instant messaging tersebut.

Perlahan tapi pasti, beberapa pengguna mengklaim sudah mendapatkan bocoran seperti apa tampilan dari BBM untuk Android. Walau tak dikupas tuntas, setidaknya fitur BBM Grup akan tersedia di sini.

Misteriusnya tanggal peluncurannya ini juga membuat beberapa pengguna Android terjebak aplikasi palsu di Google Play, yang pada akhirnya malah merusak handset Android miliknya.

Malahan aplikasi abal-abal dan situs palsu semakin banyak bertebaran untuk menjebak pengguna awam.

Kemarin saya sendiri sudah berhasil menemukan APK Android untuk BlackBerry Messenger ini yang dijamin keasliannya. Sayangnya, aplikasi ini belum membuka diri sepenuhnya.

Karena aplikasi yang diinstal di Xperia Mini dan berjalan di Android Jelly Bean 4.2.2 belum terhubung ke server BlackBerry.

4. BBM Dilepas Jadi Perusahaan Sendiri

Perusahaan BlackBerry dikabarkan akan dijual. Namun dari isu baru yang berhembus adalah konon meski akhirnya Blackberry menjual perusahaannya, BlackBerry bakal mengambil alih layanan chatting BBM dan menjadikannya perusahaan yang berdiri sendiri .

Jadi bisa dikatakan BlackBerry tak akan melepas BBM dan ingin membuat perusahaan mandiri yang hanya berkecimpung dalam bidang layanan pesan instan.

Tetapi mengingat salah satu penopang kesuksesan BlackBerry justru berasal dari BBM, maka apa yang bakal dilakukan BlackBerry tersebut terbilang masuk akal.

5. Pesta itu Akhirnya Datang

Dimulai dari pejabat BlackBerry yang nge-tweet bahwa aplikasi BBM for iOS sudah dimasukkan ke App Store untuk diverifikasi, dari situlah tanda-tanda kelahirannya mulai tercium.

Sebuah undangan untuk BlackBerry Messenger (BBM) disebar BlackBerry Indonesia. Acara yang digagas pada tanggal 19 September itu dipastikan merupakan hajatan peluncuran BBM lintas platform.

Sepucuk surat undangan yang detikINET terima, menerangkan bahwa acara akan digelar pada 19 September pukul 12 siang di kawasan pusat bisnis di Jakarta Pusat.

"Bersama dengan ini BlackBerry Indonesia mengundang untuk update layanan aplikasi instant messaging BlackBerry Messenger bersama dengan komunitas smartphone," tulis undangan tersebut.

Seakan ingin memastikan bahwa acara tersebut adalah peluncuran layanan BBM lintas platform tertulis di atas undangan 'BBM for Everyone’, tagline untuk BBM for Android dan iOS.

http://inet.detik.com/read/2013/09/18/122549/2362036/317/serba-serbi-bbm-for-everyone?i991101mainnews

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter