Ngerombak Template dan Maintenance Blog Part 2

Merombak Template Blog

Huaahh.. selesai juga ngerombak templatenya. Tadinya hari ini mau keluar, tapi berhubung cuaca gak mendukung, ane iseng2 ngerombak template blog kesayangan ane. Cukup lama juga membersihkan kode dan fitur yang tidak diperlukan. Gimana tampilan blog ane sekarang, udah cepat dibuka? Enak dipandang? Lebih Simple? Atau tetep saja kayak dulu?

Kali ini ane ngerubah templatenya dibeberapa sektor :

1. Layout
Ini yang paling mencolok, perubahan dari 3 kolom menjadi dua kolom. Alasan ane merubahnya karena ane rasa 3 kolom tuh terlalu "rame" dengan sidebar. Sekarang ane suka model yang simpel-simpel gak ribet. Dengan begini blog akan terasa lebih nyaman saat membaca .

2. Widget
Hampir setengah widget dari template sebelumnya ane buang. Alasannya yah karena terlalu rame juga banyak-banyak dipasang widget. Sebenarnya widget yang ane buang kurang efektif dan membuat loading blog ane makin lambat. Widget yang ane buang yaitu, shoutbox, profile,  page. Ane sengaja pasang widget yang perlunya saja karena kembali ke tujuan merombak template ini yaitu kesederhanaan.

3. Fitur
Salah satu fitu yang ane matikan yaitu tombol "like" dari facebook. Alasannya karena jarang orang yang mijit tuh tombol, ya udah deh ane buang saja. Kemudian fitur related post ane ganti dengan yang lebih canggih. Fitur pencarian ane non-aktifkan untuk sementara waktu karena ane bingung nempatinnya dimana. Beberapa kode CSS & HTML yang jadi sampah ane buang juga. Ada juga kode yang ane benerin, karena susunannya yang acak adut . Cukup memakan waktu untuk menganalisa kodenya. Tapi akhirnya bisa juga setelah beberapa kali mangalami error terus . Dan berat blog ane pun jadi lebih langsing ringan.

***

Ya segitu aja, mudah2an ini berdampak pada naiknya page rank dan rating blog ane .

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter