Ngerombak Template dan Maintenance Blog Part 3



Hmmm... tampilan baru blog ini kayaknya agak lebih "minimalis" dari sebelumnya. Seperti yang telah saya bicarakan dahulu bahwa akhir-akhir ini design minimalis menjadi sebuah tren baru. Tentu saya juga tidak mau ketinggalan untuk mengubah theme blog ini agar lebih minimalis lagi . Ya, walau masih terkesan "rame", tapi bolehlah dibandingkan dengan theme sebelumnya .

Perubahan apa saja yang saya lakukan kali ini.

1. Background
Inilah yang paling mencolok diantara yang lain. Yupz, bener. Saya mengganti background yang asalnya batik menjadi warna gradien. Saya rasa penggunaan batik terlalu rame. Bukannya saya tidak mencintai budaya Indonesia yah, mau gimana lagi? Ya, terpaksa saya ganti .


2. Header
Perubahan yang terjadi di header tidaklah terlalu mencolok. Saya hanya merubah posisi chibi yang asalnya si chibi tampil seluruh badan, tapi kali ini saya pasang setengah badan saja dan seolah-olah memegang menu navigasi blog . Kemudian quote di header juga saya ganti dengan kata ” Even if I can’t see you… Even if we are separated far apart… I’ll always be watching you… I’ll watch over you forever… “. Maksudnya apa tuh?


3. Border Image
Kali ini border image saya ganti dengan warna gelap #262626. Hal ini karena menyesuaikan dengan warna blog yang dominan gelap juga. Tak lupa saya kasih efek shadow dibagian bawahnya sehingga terlihat kesan 3D seperti menu navigasi.

4. Older Post dan Arsip
Saya sempat bingung untuk membuat "page" di blogger bekerja dengan baik di theme ini. Tetapi susah sekali untuk untuk menggunakan "page" dalam theme ini. Terpaksa saya korbankan untuk tidak memakai "page" , sebagai gantinya saya pakai "post" saja. Efeknya, ketika mengklik "Older" di bagian bawah, maka postingan terdahulu akan tampil sempurna, tidak lagi menampilkan judul postingannya saja.

Halaman arsip juga saya ubah tingginya, walau pada akhirnya harus di scroll juga sih. Saya belum menemukan cara merubah tingginya agar otomatis menyesuaikan dengan jumlah daftar arsip. Ada yang bisa bantu? hehe...


5. CSS3
Di theme ini saya optimalkan penggunaan CSS3 yang sekarang lagi naik daun. Terutama saya sering memakai shadow-box dan shadow-text . Selanjutnya theme ini tinggal memakai HTML5. Perlu belajar lagi nih HTML 5-nya...

6. Perbaikan Lainnya
Saya juga sudah memperbaiki margin di beberapa sektor, sehingga sekarang sudah enak dipandang. Kemudian warna kalender juga saya ganti dengan warna merah, berharap saya bisa libur banyak . Dan beberapa kendala masih belum menemukan titik temu, semoga saja saya bisa segera dapat solusinya...

***

Udah, segitu dulu. Eh, tak terasa udah jam 2 pagi . Hoaamm... Tidur ah, besok ada kuliah... Selamat Tidur...

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter