Review Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i

Review Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i

Hampir 4 bulan ane pake Xperia Mini Pro ini, tapi belum sempat ane kasih review. Mumpung lagi santai liburan, kali ini ane akan sedikit me-review HH yang satu ini, android pertama ane. Silakan disimak :)

Body
Dari namanya juga sudah bisa ditebak, memang "mini" a.k.a imut-imut. Kecil banget ukurannya (92 x 53 x 18 mm), pada awal megang susah karena terlalu kecil di tangan ane. Tapi lama-lama mulai terbiasa dan nyaman juga mengang HHnya. Body XMP (baca: Xperia Mini Pro) ini juga tebel banget. Hal ini karena XMP terdapat keyboard qwerty fisik, ya wajar saja kalo agak tebel.

Dibagian atas terdapat jack 3,5mm, tombol power/lock, lubang kabel usb, microphone. Di bagian sisi kanan terdapat tombol volume +/-, serta shutter kamera. Di sisi kanan tidak terdapat apa2, dan di bagian bawah terdapat lubang untuk gantungan HP. Dan di bagian belakang ada kamera 5MP autofokus beserta lampu flash, logo SONY XPERIA dan speaker. Di bagian depan, ada tulisan "Sony Ericsson" dan "XPERIA", kemudian speaker telepon, kamera depan, lampu led indikator dan sensor2.

Layar
Layar XMP yaitu LED-backlit LCD, capacitive touchscreen, 16M colors. Ukuran layar 3.0 inci, resolusi 320 x 480 pixels. Bening banget dan gak bikin sakit mata :D. Didukung dengan BRAVIA Engine untuk menambah kualitas gambar dan video. Jadi mantep banget buat yang demen nonton video :belo

Kamera
Dengan bekal kamera 5MP autofokus dan lampu flash led, hasil foto XMP menurut ane bagus walau masih kalah dengan kamera digital. Hal ini dikarenakan kompresi gambar yang terlalu besar sehingga jika dizoom 100%, detail gambar kurang tajam. Namun masih bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi di play store/andoid market yaitu "Camera360 Ultimate". Oh iya, katanya kamera XMP kalo pake ROM ICS sedikit buram jika dibandingkan pake ROM GB. Tapi menurut ane gak jauh beda sih antara hasil jepretan ICS atau GB :p

Untuk rekaman video, XMP bisa merekam kualitas HD (720p) lho, berasa ngerekam pake handycam. Hasilnya jangan ditanya lagi deh :D

Koneksi
Internet lancar jaya gak ada kendala selama bisa nangkep sinyal dan ada paket internetnya. Wi-fi juga bagus, ane juga sering pake wifi kampus buat download ato nge-update aplikasi. Bluetooth dan tethering wifi gak ada masalah. GPS lumayan cepet ngelock lokasinya dan akurat banget nunjukin lokasi kosan ane :D

Suara
Suara jernih dan biasa-biasa saja baik dari loud speaker maupun pake earphone. Jika suara yang keluar kurang keras, maka cukup aktifkan xLOUD di menu setting, maka suara akan membesar. Dengan bantuan equalizer suara yang dihasilkan cukup lebih baik. Sesuaikan saja dengan selera masing-masing.

Performa
Ini yang menjadi dilema bagi ane. Kalo pake ROM GB (baca:gingerbread) performa lancar jaya, gak ada ngelag apapun, cepetlah, namun GUI/tampilannya ane kurang suka. Kalo ICS, tampilannya keren dah menurut ane. Namun kadang2 suka lemot, mungkin ane terlalu banyak install aplikasi kali ya :D

Game HD juga banyak yang ngelag di ICS, kalo di GB lancar jaya. Semua tergantung pilihan masing2. Mau tampilan bagus ya pake ICS, kalo mau performa bagus ya pake GB. Ane sendiri pilih ICS karena tampilannya yang oke, untuk game2 HD yang gak jalan gak masalah buat ane, karena ane gak terlalu suka maen game. Palingan ane maen game ringan2 kayak Angry Bird, dkk :malu

Ini hasil scores antutu-nya (CUSROM Ultimate HD 2.0, stock kernel) :


Baterai
Kalo soal baterai tergantung penggunaan juga, kalo dipake terus-terusan yah cepet abislah. Ane sendiri biasanya ngecharge 1x sehari, pemakaian normal (SMS, telpon, twitter, browsing, dengerin music, nonton video, dll) dengan data on terus (GSM mode). Kalo pake jaringan HSDPA boros banget soalnya. Namanya juga HP Android udah pasti boros, kalo mau awet batere pake HP Java ato HP monokrom aja :lol

***

Kesimpulan
Kelebihan:
  • Layar bening
  • Ada BRAVIA Engine
  • Kamera 5MP, autofokus, lampu flash led
  • Kamera depan buat video call
  • Lampu indikator
  • Speaker xLOUD
  • Keyboard fisik
  • Banyak pilihan Custom ROM (lihat di sini)

Kekurangan:
  • Layar 3 inchi terlalu kecil buat tangan ane, namun keyboard qwerty fisik bisa membantu untuk mengetik teks panjang
  • Suara kurang nendang
  • Kadang2 gak smooth kalo pake ICS

***

Sekian review dari ane, mudah-mudahan bermanfaat. Mohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam me-review Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i, karena ini pertama kali ane me-review gadget :malu

Terima kasih :)

Referensi : GSM Arena & Google

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter