Masalah Umum Seputar BBM For Android

Masalah Umum Seputar BBM For Android - Meskipun aplikasi Official BBM For Android sudah rilis sehari yang lalu, banyak user yang masih mengeluh karena aplikasi ini belum bisa berjalan semestinya di device masing-masing.

Apa penyebabnya? Kenapa bisa terjadi hal demikian? Mungkinkah aplikasi BBM ini sebetulnya masih bersifat beta / pra-release?

Berikut beberapa kendala yang masih sering dialami oleh pengguna Android yang hendak menggunakan BBM For Android namun terganjal beberapa masalah yang menghambatnya.

1. Tidak Bisa Login BBM

Tanggal 21 September 2013 kemarin merupakan hari yang sudah ditentukan oleh pihak BlackBerry untuk merilis aplikasi BBM ini. Diberitakan bahwa BBM untuk versi Android akan launching tepat pukul enam sore waktu Indonesia bagian barat, dilanjutkan launching BBM For iPhone enam jam setelah BBM For Android keluar.

Namun tidak sangka-sangka hingga sehari setelahnya, BBM For Android belum juga nongol di market Google Play. Ada jadwal kemunduran yang menyebabkan aplikasi BBM molor dari waktu yang sudah disebutkan.

Dalam masa-masa molornya itu, satu jam dari jam yang sudah ditentukan banyak bermunculan aplikasi BBM versi pra-release / leaked version. Sangat luar biasa sekali BBM leaked version ini lah yang juga menjadi alasan BBM For Android semakin mundur. Pasalnya server BBM mengalami overflow / banjir data karena dalam kurun waktu 8 jam saja lebih dari 1,1 juta user baru terdaftar. Otomatis server BBM kualahan dan sesegera mungkin layanan tersebut dinonaktifkan guna menghindari kerugian yang semakin besar.

Sekarang ini BBM For Android sudah resmi rilis dan bisa diunduh secara gratis melalui Google Play. Tapi ada sebuah kebijakan yang diterapkan oleh BBM. Yaitu Waiting List. Waiting List merupakan langkah BBM untuk menghindari membludaknya server seperti kejadian sebulan yang lalu.

Dengan Waiting List, user baru yang ingin login ke BBM harus mendaftar terlebih dahulu sebelum bisa menikmatinya. Tentunya, setelah proses mendaftar tidak lah langsung bisa mengakses ke menu utama melainkan user harus menunggu dulu beberapa saat / beberapa menit / jam hingga pihak BBM menerima kita. Jadi bukan kok kita tidak bisa login itu salah. Selengkapnya mengenai Waiting list, baca di Belum Bisa Login BBM? Ini Penjelasannya

2. App Not Compatible

Selain kasus tidak bisa login BBM, beberapa user mengatakan tidak bisa download BBM For Android via Google Play secara langsung. Alasannya karena perangkat tidak kompatibel. Padahal, faktanya user tersebut sudah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Kebanyakan dari mereka memakai smartphone dengan versi Android Ice Cream Sandwich. Selain itu juga, beberapa diantaranya merupakan smartphone lokal. Entah apakah devices mereka tidak dikenali atau tidak terdeteksi semestinya di Google Play yang jelas ada yang salah dengan hal ini. Mungkinkah smartphone Android abal-abal tidak bisa memakai BBM ini?

Beruntung hal tersebut masih bisa diakali dengan menginstal BBM For Android 1.0.0.70 APK version. Tanpa melalui Google Play, asal smartphone nya sudah memakai Android versi ICS+ maka bisa dipastikan pengguna bisa menginstal BBM For Android ini.

Masalah Umum Seputar BBM For Android

3. No Internet Connection

Pada awal munculnya BBM For Android Leaked Version yang tersebar luas di dunia maya kala itu, hampir seluruh penggunanya bisa memanfaatkan aplikasi ini dengan normal. Pengguna bisa saling meng-invite dan ber-chat ria dengan lancar sebelum akhirnya BBM Leaked Version itu diblokir karena membuat server BBM kualahan hingga down.

Lagi-lagi di balik semua itu ada saja yang mengalami nasib berbeda. Di jejaring sosial Facebook, rata-rata pengguna Android meng-upload foto-foto PIN mereka yang didapat setelah mendaftar di BBM. Kebanyakan foto-foto PIN yang mendominasi di Facebook malam itu. Tapi selain foto PIN, foto No Internet Connection juga tak kalah banyak.

No Internet Connection pada BBM merupakan bug di BBM For Android Leaked Version yang pertama kali beredar. Kejadiannya di setiap kita masuk ke aplikasi BBM, yang pertama kali muncul yaitu icon loading BBM dan setelah itu keluar tulisan No Internet Connection dan seterusnya.

Kabar bagus pada BBM For Android Leaked versi selanjutnya bahwa bug ini sudah fix. User yang tadinya mendapati BBM nya No Internet Connection sudah bisa sedikit bernafas karena ia bisa menggunakan BBM dengan wajar. Tapi anehnya, di BBM For Android 1.0.0.70 yang paling baru ini, bug tersebut masih ada. Beberapa user masih mengalaminya. Ada yang tahu penyebabnya?

Penyebabnya hanya satu. Yaitu provider anda. Jangan menyalahkan handphone Android nya, jangan menyalahkan aplikasi BBM nya, itu mutlak error akibat kartunya. Mungkin anda hanya butuh sedikit jaringan internet yang stabil dan kencang.

Coba rubah jaringan anda ke 3G / HSDPA. Bila masih error No Internet Connection, coba pakai kartu lain *hanya untuk mencoba saja. Bila berhasil, selebihnya tergantung keputusan anda masing-masing*.

4. Tidak Bisa Mengganti Display Picture - BBM has Stopped

Kasus ini dialami oleh teman saya yang memakai Xperia Mini ST15i OS Ice Cream Sandwich 4.0.4 Official. Dalam pemakaiannya, seluruhnya berjalan normal. Ia bisa memakai layanan chat, bisa meng-invite teman, bisa merubah status, tapi tidak untuk mengganti DP.

Masalah Umum Seputar BBM For Android

Kejadiannya di setiap akan merubah Display Picture dengan foto pribadinya, pada waktu masuk ke Gallery selalu BBM nya stopped. Hanya saja kalau memakai foto sample yang disediakan oleh BBM, tidak ada masalah.

Sekarang DP nya dia bergambar bola bundar :D saya pun hanya tertawa lepas karena pada dasarnya kita berdua memakai smartphone yang sama jenisnya. Hanya, Xperia Mini saya sudah unlock bootloader, ganti kernel, dan memakai custom ROM Jelly Bean 4.2.2.

Cara memperbaiki masalah ini, coba ganti Gallery default dengan aplikasi Gallery lain misalnya QuickPic. Sudah ditest di Xperia Mini teman saya dan hasilnya works.

5. Bisa Install BBM For Android, Tapi Force Close

BBM For Android bisa berjalan minimal memakai OS seri Ice Cream Sandwich, entah itu Custom ROM maupun Official ROM. Dengan memenuhi persyaratan tersebut, BBM sudah pasti bisa diinstal di perangkat tersebut. Tapi apa daya meskipun sudah bisa terinstal dengan sempurna namun setiap kali di buka langsung muncul peringatan Force Close.

Selidik punya selidik, setelah dilakukan diagnosa, yang mendasari error tersebut yaitu satu. BBM For Android merupakan aplikasi yang didesain hanya untuk perangkat yang memakai chipset ARMv7 saja. Mengenai smartphone apa yang tergolong Android ber-chipset tersebut bisa dilihat di Daftar Device Android ARMv7, ARMv6 dan ARMv5.

Jadi bagi anda pengguna smartphone seperti Xperia X8, X10 Mini, X10 Mini PRO, dan lain-lain yang tidak ber-chipset ARMv7, dengan berat hati anda belum bisa menggunakan aplikasi ini walaupun smartphone anda sudah ber-OS ICS keatas sekalipun.

6. PIN BBM For Android Berubah Dengan Sendirinya

Selengkapnya mengenai point nomor 6 ini baca disini.

Ada yang ingin menambahkan Masalah Umum Seputar BBM For Android?

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter